Sabtu, 13 September 2008

Manusia Diganti Robot, Dimulai Dari Peragawati
THURSDAY, 24 JULY 2008
Total View : 363 kali

Jepang yang dikenal dengan industri robotnya kembali membuat berita dengan menciptakan robot humanoid (layaknya manusia) yang berperan sebagai peragawati.

Robot buatan institut riset dari Organisasi Industri Riset Baru di Kobe itu bisa menirukan gerak-gerik seorang peragawati yang sedang bergaya di atas catwalk, demikian menurut Kyodo di Tokyo, Selasa.

Dengan postur setinggi 160 cm, "gadis model" itu bisa berlenggak-lenggok persis seperti peragawati, mulai dari
gaya berjalan, menggerakkan kepala, lengan, pinggang, hingga bagian tubuh lainnya.

Menurut para perancangnya, robot peragawati itu bisa dipamerkan untuk kegiatan "fashion show" ataupun acara promosi lainnya.

Robot tersebut kini masih memerlukan tahapan akhir berupa bentukan wajah dan lapisan kulit untuk membalut kerangka besi dan kabel-kabel yang melingkupinya.

Kulit penutupnya juga akan dibuat menyerupai kulit manusia, sehingga betul-betul terlihat seperti seorang gadis model yang cantik, tentu saja dengan membuat wajah bak seorang peragawati terkenal.

Jepang juga mendapat julukan "kerajaan robot" karena tidak henti-hentinya bereksperimen mengembangkan beraragam jenis robot, mulai dari "Asimo" buatan Honda, yang bisa bertingkah laku seperti manusia umumnya (menari, berjalan, dan berlari) hingga robot yang bisa menjadi asisten dokter.

Industri robot Jepang kini cenderung mengembangkan jenis robot yang bisa menjadi pelayan, mengingat semakin bertambahnya kelompok masyarakat jompo di Jepang.

Sepertinya, kedepan nanti manusia harus bersaing keras untuk mendapat pekerjaan dengan robot.

Sumber : antara/VM

Tidak ada komentar: