Sabtu, 13 September 2008

Saat Milan menggelar Fashion Week


Saat Milan menggelar Fashion Week, kebijakan untuk menentang model yang super kurus mulai terlihat.

Sebelumnya pemerintah kota Milan memang sudah memutuskan untuk melarang para model yang sering disebut dengan ‘Size Nol’ atau Extra Extra Small. Wartawan BBC di Milan, Maddy Savage, yang meliput Milan Fashion Show melaporkan bahwa isu model yang super kurus hangat membayang-bayangi.

Dan yang pertama kali melenggang di panggung mode adalah seorang model berukuran 14 atau sekitar 3 kali lebih besar dari ukuran model yang biasanya. Model yang dianggap montok itu mengenakan pakaian yang dirancang oleh Elena Miro, dan dia mendapat sambutan meriah dari para pengunjung.

Karya Elena Miro, yang biasanya untuk ukuran relatif besar, bukan pertama kalinya ditampilkan di Milan Fashion Week. Namun kali ini rancangan Elena Miro dipilih sebagai pembuka, sejalan dengan keinginan pemerintah Italia untuk menyebar pesan bahwa fashion tidak selalu harus sejalan dengan kurus seperti tiang.

Hadiah Coklat

Salah seorang model yang tampil mengenakan rancangan Elena Miro adalah Nina, dari kawasan Peak Distrik, Inggris Tengah. Dia tidak pernah membayangkan bahwa model dengan tubuh yang relatif lebih besar seperti dia bisa melenggang lagi di catwalk.

“Saya pikir tidak akan ada orang dengan tubuh lebih besar di sini, tapi ternyata saya melakukannya dengan baik,” tuturnya. Nina menegaskan ukuran yang besar biasanya lebih realistis dan bukan dengan ukuran kecil yang hanya bisa dikenakan oleh para model di panggung mode.

Selain para model yang relatif montok, tas kenang-kenangan dari Milan Fashion Show juga berisi coklat. Ini jelas berbeda dengan New York Fashion Show yang masih memberikan pil langsing di dalam tas kenang-kenangannya. Italia memang ingin berada di depan dalam mempimpin model yang langsing tapi sehat.

Belum Ada Surat

Salah seorang model, Julie, yang tampil di Milan mengakui bahwa beberapa temannya terlalu kurus.

“Beberapa saya kira sakit. Itu bisa dilihat dari muka mereka yang pucat dan kalau mereka membungkuk maka tulang mereka kelihatan,” tambahnya.

Model lainnya, Milena, juga sependapat kalau sejumlah model memang terlalu kurus.

“Saya ke salah satu casting kemarin dan melihat mereka amat kurus. Saya sedih,” kata Milena.

Sebenarnya di Milan tidak ada pegangan yang pasti, seperti Spanyol yang menetapkan bahwa BMI model harus di atas 18. Sedangkan Italia menerapkan persyaratan semua model harus mendapat surat dari dokter yang menyatakan model bersangkutan dalam keadaan sehat.

Bagaimanapun tak semua model yang tampil di Milan Fashion Week mempunyai surat tersebut. Seorang model yang tidak mau disebut namanya mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak mempunyai surat seperti itu dan dia yakin tak satupun model yang sudah diperiksa dokter.

Salah seorang model, Milandri, secara terus terang mengatakan bahwa beberapa temannya yang tampil di Milan Fashion Week masih menderita anorexia.

“Saya kira hal itu harus ditangani oleh Dewan Fashion Nasional,” tuturnya singkat sebelum pergi menjauh.

Model lainnya, yang mengaku sehat, mengatakan dia memang tidak pernah sarapan dan hanya makan salad 1 atau 2 kali sehari. Dia menegaskan tidak pernah menderita anorexia dan tidak pernah sampai muntah kalau mengkonsumsi makanan.

“Tapi ada seorang model yang selalu muntah setiap kali dia makan,” kata model tersebut.

Pemerintah Italia berharap pada akhirnya industri mode akan bisa mengatur dirinya sendiri tanpa harus didukung oleh Undang-undang. Menurut Menteri Pemuda dan Sport Italia, Shovanna Milandri, ketika menyaksikan Milan Fashion Show, pemerintah tidak perlu campur tangan terlalu jauh.

“Saya yakin upaya saat ini sudah tepat dalam mendekati masalah, jadi tanpa campur tangan atas kreatifitas di dunia mode. Dan di sisi lain, dunia bisnis mode Italia itu didasarkan pada akal sehat dan bertanggung-jawab,” tuturnya.

Agen modeling dan para perancang mode mengatakan mereka mendukung perubahan untuk mencegah para model yang super kurus tampil di depan publik. Namun mereka mengakui tidak mudah untuk langsung menerapkannya karena sering sekali mereka terikat waktu dan sampai saat ini kecenderungan adalah merancang pakaian untuk para model yang super kurus.

Mungkin jalan masih jauh dan bisa jadi dunia mode tidak akan bisa menerima model yang montok sebagai gambar ideal, namun langkah sudah dilanjutkan. Dan para pegiat yakin bahwa seseorang bisa saja menjaga kelangsingan tubuhnya dan pada saat bersamaan tetap menjaga kesehatan.

Tidak ada komentar: